Provinsi Lampung Fokus Tanggani Lima isu Pembangunan Kesehatan Masyarakat

wartasiger.id, Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengharapkan jajaran instansi terkait dapat melaksanakan lima isu kesehatan secara adil sampai ke masyarakat miskin hingga daerah terpencil.

Hal itu disampaikan Pj Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan se-Provinsi Lampung di Novotel pada Rabu 10 Juli 2019. Provinsi Lampung akan fokus menangani lima isu pembangunan kesehatan masyarakat di wilayah setempat.

Lima isu pembangunan kesehatan itu meliputi peningkatan cakupan dan mutu imunisasi, percepatan eliminasi TB “Tubercle bacillus” paru, penurunan stunting (gangguan pertumbuhan), pengendalian penyakit tidak menular dan penurunan angka kematian ibu dan bayi (AKI – AKB).

Selain itu, rapat koordinasi bidang kesehatan diharapkan mengevaluasi program yang menghasilkan kebijakan terintegrasi dari tingkat provinsi hingga ke kabupaten/kota dan mampu menyelesaikan persoalan di Provinsi Lampung.

Fahrizal menambahkan, jika pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu fokus Gubernur Arinal guna mewujudkan sumberdaya manusia yang sehat dan berkualitas, sehingga Rakyat Lampung Berjaya dapat tercapai.

Untuk itu, ia berpesan agar jajaran kesehatan dapat mewujudkan Lampung Sehat dengan sosialisasikan gerakan masyarakat sehat. “Bukan hanya sekedar gerakan senam saja, namun lebih dari itu masyarakat harus didorong untuk berperilaku hidup sehat,” ujar Fahrizal.

Kemudian peran puskesmas juga harus diperkuat, layanannya juga harus diperbaiki hingga di kabupaten/kota. “Kualitas pelayanan rumah sakit harus ditingkatkan, tingkat kematian ibu dan anak harus diturunkan dan memberikan fasilitasi pemenuhan gizi yang baik bagi anak,” tandasnya.(WS-1)

Posting terkait

Leave a Comment