Kelurahan Kota Karang Wakili Bandar Lampung Pada Ajang Lomba Tingkat Provinsi 2022

wartasiger.id, Bandar Lampung — Pada ajang lomba kelurahan tingkat Provinsi Lampung tahun 2022, Kota Karang berhasil lolos kualifikasi untuk berkompetisi mewakili Bandar Lampung.

Dalam perlombaan tingkat Provinsi itu, kelurahan Kota Karang Bandar Lampung membawa keunggulan industrinya dalam mengelola ikan teri dan ikan asin yang telah diekspor secara domestik hingga mancanegara.

Sehingga, hal tersebut membangun optimisme Pemerintah Kota Bandar Lampung serta masyarakat. Kedepannya Kota Karang dapat mewakili Bandar Lampung untuk lomba ditinggal regional Sumatera.

“Kota Karang bisa lolos lomba tingkat provinsi Lampung dan bisa lanjut kejenjang lebih tinggi,” kata Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, Jumat (24/6/2022).

Wali Kota Eva juga berharap, lomba keluarahan ini menjadi ajang sosialisasi smart city kepada masyarakat. Bahwa pelayanan di kota Bandar Lampung hampir seluruhnya bisa diakses melalui online

“Dengan adanya lomba kelurahan ini diharapkan kelurahan pinggiran bisa merasakan smart city. Tingkat RT kita berikan pelatihan agar pelayanan bisa online, dan kita sosialisasi kepada masyarakat agar bisa mengakses layanan secara online,” imbuh Eva.

Terlebih, OPD dibidangnya juga untuk lebih gencar berpromosi melalui media berbentuk pamplet, bilboard, brosur dan lainnya, untuk memberikan himbauan masyarakat menuju Smart City.

“Kalau tidak kita informasikan, nggak ada yang tahu bahwa kita sudah menerapkan smart city. Mudah-mudahan lah kita lakukannya secara bertahap tingkat kelurahan dan Rt,” ujarnya.

Sementara, Ketua Tim Penilaian Provinsi Lampung Syaipul Darmawan menyebut ada tiga bidang penilaian pada perlombaan kelurahan tingkat provinsi ini.

“Yakni bidang pemerintahan desa atau kelurahan, bidang kewilayahan dewa atau kelurahan, dan bidang kemasyarakatan desa atau kelurahan. Dengan 19 aspek dan 490 indikator penilaian seperti penilaian pada pemberdayaan pada masyarakatnya, administrasi di kelurahan dan lainya,” jelasnya.

Ia mengatakan, Jika Kota Karang menang dalam tingkat Provinsi selanjutnya akan dilakukan pembinaan untuk mewakili pada perlombaan tingkat regional Sumatera.

“Misalnya kota Karang ini Menang mewakili Provinsi Lampung, maka tim kementerian dari pusat akan turun langsung ngecek ke lapangan,” pungkasnya.(WS-2)

Posting terkait