Aprilliati : Pancasila sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa

wartasiger.id, Bandar Lampung — Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung, Aprilliati menegaskan pancasila adalah perekat dan pemersatu bangsa terutama masyarakat di Provinsi Lampung. Hal tersebut diutarakannya, saat melaksanakan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. di Jalan Sultan Badaruddin, Susunan Baru, Bandar Lampung, Minggu (13/11/2022).

“Bapak Ibu yang hadir disini saya yakin beragam sukunya, ada suku Jawa, Lampung, Sunda, ini semua karena Pancasila itu menjadi perekat kita sebagai warga NKRI, ideologi Pancasila sebagai dasar negara sebagai pemersatu kita, kita berbeda-beda tapi kita tetap satu kesatuan,” kata Aprilliati.

Dalam kesempatan itu, Aprilliati mengatakan bahwa kegiatan ini adalah murni perintah negara untuk memberikan motivasi dan mengedukasi masyarakat khususnya pemuda mengenai Pancasila dan Kebangsaan. “Jadi sangat disayangkan apabila ada yang tidak mendukung program ini, karena ini urusannya Pancasila dan Undang-undang dasar kebangsaan, tentu sangat penting apalagi untuk anak-anak muda sehingga meminimalisir adanya kerusuhan antar pemuda,” ujarnya.

Menurutnya, masa depan bangsa dan negara berada di tangan pemuda namun harus dengan arahan dan wawasan yang baik.

“Nasib bangsa berada ditangan anak-anak kita ini sebagai generasi penerus bangsa. Tidak sedikit masyarakat saat ini sudah mengabaikan ideologi negara dan ketentuan undang-undang, jadi perlu diarahkan dan diberikan wawasan sehingga mencegah terjadinya perpecahan,” ungkapnya.

Selain itu, Aprilliati mengungkapkan dalam waktu dekat akan ada peresmian Rumah Pancasila di Kabupaten Lampung Barat dan rencananya akan diresmikan langsung oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

“Kalau di Bandar Lampung saya lihat sudah dibentuk kamoung atau kelurahan Pancasila, jadi dengan adanya Rumah Pancasila maupun Kampung Pancasila, saya berharap Pancasila dibumikan oleh masyarakat dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata April.

Untuk diketahui, lanjut Aprilliati kegiatan ini sudah berjalan selama tiga tahun dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

“Alhamdulillah selama dilaksanakannya kegiatan, kita tidak melanggar atauran dan kita juga telah mendapat izin dari Pemerintah Kota Bandar Lampung ya mengingat saat ini masih di tengah pandemi Covid-19,” kata dia.

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk melaksanakan kegiatan ini yaitu salah satunya dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Jadi untuk melaksanakan kegiatan kita harus memenuhi syarat juga yaitu yang pertama harus sudah vaksin, kemudian saya laksanakan di ruangan terbuka agar sirkulasi udaranya bagus. Perlu diingat Bapak Ibu, Covid ini belum melambai namun melandai jadi kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan,” tegasnya.

Sementara, Kepala Lingkungan II Kelurahan Susunan Baru, Bambang, mengucapkan terimakasih atas kunjungan Anggota DPRD Provinsi Lampung, Aprilliati yang juga selalu memberikan perhatian kepada masyarakat setempat. Hal seperti ini, sangat jarang ditemui dan kami bergarap mudah-mudahan kehadiran Ibu April di sekitar masyarakat selalu berlanjut terus sehingga bisa terus memperhatikan masyarakat.

“Terimakasih Ibu April yang selalu mengunjungi dan memberikan perhatiannya kepada kami khususnya warga Susunan Baru, yang juga selalu mempertanyakan apa keluh kesah warga,” kata Bambang.

Adapun turut mendampingi Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung, Aprilliati dalam kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan anatara lain Kapolsek Tanjung Karang Barat, Kompol Mujiono, Kepala Lingkungan Kelurahan Susunan Baru, Bambang, dua narasumber, Ustad Suparman Abdul Karim, Zulkarnain Ridlwan, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Susunan Baru.(*)

Posting terkait