Porprov Lampung IX Sajikan 3.183 Mendali, Gubernur Arinal Harap Jadi Seleksi Atlet Menuju PON

wartasiger.id, Bandar Lampung — 3.183 Medali disajikan dalam perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung IX tahun 2022. Terdiri dari 887 emas, 887 perak, dan perunggu sebanyak 1.409 keping.

Ribuan mendali tersebut akan diperebutkan sedikitnya 4.932 atlet dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung, yang tersebar pada 33 cabang olahraga (Cabor).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa sangat menyambut baik terselenggaranya Pekan Olahraga Provinsi IX, sebagai bagian seleksi atlet untuk menuju pekan olahraga nasional (PON).

“Dan saya berharap KONI lebih konsen membidangi ini, karena ini merupakan cikal bakal membentuk atlet PON yang berkelas dalam menghadapi PON yang akan datang,” ujar Gubernur Arinal saat membuka Porprov Lampung, di Stadion Pahoman, Bandar Lampung, Senin (5/12/2022) malam.

Pembukaan ditandai dengan penyalaan obor oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wakil Ketua 3 KONI Pusat Tursandi Alwi.

Porprov ini, kata Gubernur Arinal, merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan pesta olahraga empat tahun sekali.

Sebanyak 33 cabang olahraga yang dipertandingkan, jelasnya, merupakan aset prestasi olahraga Lampung yang kelak bisa disiapkan untuk pembibitan atlet yang dapat memperkuat kontingen Lampung pada tingkat nasional, seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Keikutsertaan para peserta dalam Penyelenggaraan Porprov IX Tahun 2022 ini telah melalui persiapan matang, terutama dari sisi kemampuan fisik, teknik dan mental. Untuk itu, kepada atlet yang akan bertanding untuk menunjukkan kemampuan terbaik, junjung tinggi sportivitas dan fair play, selama mengikuti Porprov ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum KONI Provinsi Lampung Yusuf S. Barussman menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Porprov IX Lampung.

“Semoga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan sukses,” ujar Yusuf.

Seperti diketahui, 33 cabor yang dipertandingkan yakni Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Biliard, Bridge, Bulutangkis, Catur, e-Sport, Gulat dan Hapkido, Judo, Karate, Kempo, Kick Boxing.

Selanjutnya Muaythai, Dance Sport, Binaraga, Renang, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Sambo, Sepak Bola, Sepak Takraw, Softball, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Taekwondo, Tarung Derajat, Tinju, Wushu, Sepeda dan Futsal.

Porprov akan berlangsung 4-13 Desember 2022 dengan diikuti 4.932 atlet dan 1.230 ofisial ikut dalam ajang ini.

Pada pembukaan Turut hadir Jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, dan undangan terkait.(*)

Posting terkait